Rp54 miliar, biaya pemakaman Thatcher

uang para wajib pajak inggris diperkirakan habis sebanyak rp54 miliar serta 3,6 juta poundsterling (1 poundsterling = rp15.000) agar membiayai pemakaman mantan perdana menteri margaret thatcher.

data tersebut dikeluarkan dengan downing street, kamis, dengan rincian 2 juta poundsterling supaya kaum polisi dan sudah bertugas juga 1,6 juta poundsterling untuk membayar seluruh pengeluaran pada luar itu.

meskipun data dan disebut pemerintah menyebut jumlah 3,6 juta, perhitungan kasar total uang yang dihabiskan agar pemakaman pekan kemarin tersebut menyebabkan biaya sebesar 10 juta poundsterling ataupun rp150 miliar.

besarnya uang dan dikeluarkan memesan kaum aktivis sayap kiri jauh meradang.

Informasi Lainnya:

mereka mengkritik pengeluaran para titan konservatif pada tengah-tengah keputusan pemotongan shopping umum yang ditujukan agar meminimalkan defisit anggaran belanja inggris.

dari dana 1,6 juta pounsterling, kurang lebih 1,1 juta poundsterling dimanfaatkan supaya petugas keamanan dan polisi, kata downing street.

sisanya 500 ribu poundsterling digunakan agar biaya seremonial semisal st paulus katedral, resepsi setelah pemakaman juga undangan.

keluarga thatcher meminta uang bunga serta uang pelaksanaan, dan angkanya tidak diumumkan.

thatcher, yang berkuasa pada jangka waktu 1979-1990, terbukti menjadi tokoh dan paling dibenci dengan kelompok kiri jauh bagus saat hidup serta setelah meninggal dunia.

didorong dengan isu biaya sebesar 10 juta poundsterling yang diperlukan untuk pemakaman, beberapa demonstran meneriakkan kata-kata buang-buang uang dalam prosesi pemakamannya, sementara yang lain mengacungkan spanduk melalui tulisan besarnya dana itu.

thatcher adalah satu-satunya perdana menteri perempuan inggris dan terlama di abad ke-20. dia meninggal dunia di 8 april setelah terkena serangan stroke.

tokoh berusia 87 tahun tersebut memperoleh pemakaman seremonial melalui penghormatan militer penuh di katedral st paul di london dalam 17 april.

dua kepala negara, 11 perdana menteri, 17 menteri luar negeri, serta pejabat dan mewakili 170 negara turut menghadiri upacara pemakaman.

menteri luar negeri william hague merupakan tuan rumah di Satu daripada dua resepsi agar perwakilan daripada negara-negara asing.

resepsi dan kedua diperuntukkan supaya sahabat dan keluarga thatcher dan perwakilan lembaga inggris. perdana menteri david cameron juga menteri senior yang lain menghadiri keduanya.

downing street mengatakan total uang akan diterbitkan dalam saatnya, serta berharap jumlah itu mau mendekati estimasi total.

inggris sudah nyaris mengalami resesi putaran ketiga, meski baru mengalami defisit anggaran yang besar serta kuat, dan menambah tumpukan rekor utang, berdasarkan data terpercaya pekan ini.

inggris terhindar daripada jatuh ke resesi ketiga sejak krisis keuangan global di 2008 sesudah ekonomi tumbuh sebesar 0,3 persen di kuartal pertama.

sementara tersebut pinjaman bersih sektor umum mencapai 120,6 juta poundsterling di 12 bulan hingga akhir maret.

utang bersih sektor publik inggris mencapai rekor 1,186 triliun poundsterling di maret, setara melalui 75,4 persen produk domestik bruto.