AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menegaskan dulu komitmennya melindungi jepang dengan deterens nuklir setelah meningkatnya ancaman perang nuklir dari korea utara, di pembicaraan dalam tiga hari diantara para diplomat dan pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan tersebut diadakan pada pangkalan angkatan laut kitsap di negara bagian washington. di situ kaum pejabat jepang diajak tur menyaksikan suatu kapal selam serta fasilitas peluru kendali trident yang menjadi pihak daripada arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang supaya meyakinkan sekutu-sekutu kita bahwa as memperpanjang deterens dengan kredibel, andal serta berdaya tahan, tutur bagian as semisal dikutip afp.

korea utara serta jepang sempat akan mengembangkan kemampuan nulklir strategisnya namun as meyakinkan kedua sekutunya itu kiranya bomber, kapal selam juga peluncur rudal nuklir mereka mampu menjawab berbagai potensi ancaman, tanpa merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan hendak meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya pada pantai timur negara itu menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang dan merupakan satu-satunya negara yang pernah mengalami serangan nuklir, sudah memerintahkan militernya menembak jatuh setiap peluru kendala yang diluncurkan korea utara dan mengarah ke wilayahnya, demikian afp.