Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah yang lain pada makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut diselenggarakan secara simbolik dengan kepala bpn kepada 46 penerima pada halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini merupakan hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah di sulawesi selatan, tutur hendarman.

dia menjelaskan supaya berbagai wilayah indonesia terkandung kurang lebih 85 juta bidang tanah yang usah disertifatkan. sampai saat baru 45 juta bidang yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh karena tersebut, jajaran bpn ri untuk berusaha lebih cepat supaya memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus pada warga.

hendarman menekankan untuk seluruh jajaran dalam bekerja taat kepadan ajaran dan taat kepada azas supaya warga memperoleh pelayanan paling pas.

pada kesempatan itu, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya selama memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yaitu memangkas sengketa dan harus disadari kepada pihak kecil, ujarnya.

untuk itu, bpn ingin selalu menggalakkan program-program pro-rakyat yang selama ini telah berjalan. program-program itu keduanya sertipikat prona gratis, web jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) serta web one day service.

mantan jaksa agung ri tersebut serta menekankan tinggal prinsip dasar bahwa tanah merupakan sumber kesejahteraan juga kemakmuran terhadap rakyat, oleh karenanya tanah mesti dihindarkan daripada spekulasi.

sejalan melalui penggalakan program pro-rakyat itu, bpn serta mau mempertimbangkan hak untuk usaha (hgu) terhadap perusahaan ataupun holding perusahaan yang telah memiliki hgu lumayan luas. aku dan akan meminta agar pemegang hgu mengembangkan konsep plasma juga inti supaya berguna kepada warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman mengatakan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut keduanya terdiri daripada prona 11.282 jenis, redistribusi tanah supaya rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, penduduk berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 bidang, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 jenis dan sisanya 803 agar pertanian.

elfachri dan mengakui sengketa tanah cukup ada pada wilayah kerjanya. kami telah melaksanakan 220 sengketa melalui mediasi juga gelar perkara, katanya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menungkapkan pihaknya siap bekerja sama dengan bpn supaya melancarkan proses sertipikasi tanah bagi warga. jenis kerja sama itu salah satunya melalui penandatangan mou diantara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.