Raja Abdullah berhentikan Wakil Menteri Pertahanan Saudi

raja arab saudi abdullah memberhentikan wakil menteri pertahanan pangeran khaled bin sultan.

reuters yang mengutip media pemerintah mengemukakan cara itu adalah tindakan terbaru di perombakan di kelompok masyarakat pangeran dan memegang jabatan pemerintah.

pergantian daripada jabatan-jabatan bermanfaat selama kelompok masyarakat pangeran diawasi dengan cermat sebab tindakan tersebut menunjukkan kemungkinan berubahnya di berubahnya garis suksesi di kerajaan tersebut.

pangeran khaled adalah panglima angkatan bersenjata arab saudi dalam perang teluk tahun 1991 akan tetapi tak diberi jabatan menteri pertahanan tahun 2001 sesudah ayahnya putra mahkota sultan dan memegang jabatan tersebut pada lima dasa warsa meninggal.

Informasi Lainnya:

ia digantikan oleh oleh pangeran fahd bin abdullah bin mohammed bin abdulrahman, tutur kantor berita saudi press agency (spa) mengutip Salah satu keputusan raja. pangeran fahd merupakan mantan kepala staf angkatan laut arab saudi.

spa tidak menyerahkan alasan kepada penggantian itu.

menteri pertahanan merupakan putra mahkota salman, pengganti yang ditunjuk raja abdullah. ia mengawasi pembelian senjata miliaran dolar as yang memperkuat aliansi-aliansi arab saudi melalui dengan negara-negara barat.

tidak semisal halnya pada monarki-monarki eropa, suksesi keluarga yang berkuasa arab saudi tak berasal dari ayah ke putra tertua ternyata pada kelompok masyarakat saudara daripada pendiri kerajaan itu, serta didasarkan dalam senioritas, pengalaman,mental dan kedudukan di keluarga itu.

tidak jelas siapa yang ingin berkuasa sesudah raja abdullah dan putra mahkota salman, sementara pengganti mereka diperkirakan adalah pangeran mugrin, termuda daripada saudara-saudara itu karena ia sudah diangkat menjadi deputi kedua perdana menteri awal tahun ini.