Mahasiswa Petra ciptakan teh antioksidan dari kulit manggis

lima mahasiswa universitas kristen petra (ukp) surabaya menciptakan teh daripada kecantikan manggis yang mereka sebut dant tea dengan manfaat dijadikan antioksidan dan bisa menghindari kanker, kolesterol, diabetes, juga proses penuaan.

saya semula sesungguhnya tak mengetahui buah manggis. saya sering minum teh di restoran pinggir jalan yang umumnya manis serta berpengawet, karena itu banyak persentasi diabetes pada usia muda, papar anggota tim mahasiswa ukp, anthomi wibisono limanto, selama kampus setempat, kamis.

ditemui ketika mengikuti petra green bazaar agar memeriahkan open house ukp bertema petra parade 2013, ia menceritakan ide supaya mewujudkan minuman yang mengedukasi penduduk itu akhirnya dapat terwujud ketika banyak lomba dari bank mandiri.

lomba `business plan` tersebut digelar bank mandiri pada oktober lalu, lalu saya mengajak empat rekan agar mengimplementasikan ide minuman dan mengedukasi masyarakat hingga akhirnya berkembang mewujudkan teh dari kecantikan manggis, katanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa fe ukp tersebut menjelaskan teh daripada kulit manggis terbuat di empat rasa, yakni original (murni manggis) dan tiga rasa campuran (manggis dicampur stroberi, anggur, serta buah naga) melalui takaran 1:2 (Satu liter rasa campuran melalui dua liter teh manggis).

didampingi empat rekannya yaitu handry s (fe), randy (fe), rendy (fe), dan audrey angelina (fsd/fakultas seni desain), ia menyatakan dana penerapan di setahun melalui bimbingan dosen ukp tersebut bertujuan agar menjadikan wirausaha muda agar mampu eksis.

kami memilih manggis karena buah itu bersifat antioksidan dan cukup bagus supaya kesehatan. karena itu kami mencantumkan motto `fresh and fun`. bahkan tiga rasa campurannya serta bersifat antioksidan, ujarnya.

tentang cara membuatnya, ia mengatakan buah manggis diambil kecantikan bagian pada yang berwarna merah, lalu dikeringkan juga dimasukkan ke pada air mendidih melalui suhu ideal 80-100 derajat celsius.

dalam waktu 10-15 menit, air mendidih itu adalah teh, kemarin didinginkan selama setengah hari, dengan begini teh dari kulit manggis dan original pun jadi. agar rasa campuran, buah stoberi, anggur, dan buah naga dipotong selama perhatian kecil, ujarnya.

untuk anggur, katanya, usah dibuang biji-nya lebih-lebih lagi tapi kulitnya dibiarkan, lalu buah naga tidak kecantikan, serta stroberi tanpa dipilah-pilah kecantikan atau biji-nya. ketiga buah supaya rasa campuran itu dipotong selama perhatian kecil, lalu diblender.

takaran manggis serta buah campuran di persentasi 400 gram tersebut dimasuki air sebanyak 5-10 liter. cara penyajiannya juga dapat panas (tidak gula), standar (dengan gula batu), juga dingin (dengan gula manis), katanya.